Labels

Selasa, 22 November 2011

Elemen Antarmuka

Beberapa elemen digunakan dalam banyak implementasi. Jika elemen dalam antar muka digunakan dengan tepat, akan membantu membuat efisiensi dan produktivitas untuk penguna nantinya. Meskipun elemen itu memiliki banyak perbedaan untuk software aplikasi dan berbasis web, semua fungsinya mirip di lingkungan masing-masing.
Continue Reading »

Bentuk Design Antarmuka

Dalam aplikasi berbasis windows, tidak semua sama, ada tiga bentuk utama:
1. Single Document Interface (SDI), Sebuah contoh antar muka SDI adalah aplikasi WordPad yang include di windows. Di dalam WordPad, hanya satu dokumen yang dapat di buka dalam waktu yang sama, dokumen harus ditutup sebelum dokumen lain di buka. Kita tidak bisa bekerja pada dua dokumen yang berbeda dalam waktu yang sama.
Continue Reading »

Komposisi peletakan kontrol

Dalam desain antar muka, tidak semua elemen (komponen) digunakan. Pengembang perangkat lunak harus tahu mana yang harus digunakan dan dapat dimengerti oleh user dengan cepat. Tidak semua elemen harus ditampilkan dengan jelas, bahkan ada beberapa elemen yang harus di sembunyikan.
Sejumlah bahasa membcaa dari kiri ke kanan atau dari atas ke bawah pada sebuah halaman. Itu sama dengan tampilan pada layar komputer. Mata pemakai mengarah dimulai dari kiri atas dari posisi layar, jadi elemen yag penting bisa diletakkan di sana. Sebagai contoh, jika informasi ada sebuah informasi berhubungan dengan seorang pelanggan, maka namanya akan ditampilkan dimana ia akan dilihat pertama.
Continue Reading »

konsistensi design antar muka

Konsistensi adalah hal yang terbaik dalam mendesain antar muka, konsistensi membuat pogram terlihat hamonis dalam suatu program aplikasi. Ketidak konsistenan membuat antar muka menjadi membingungkan dan membuat aplikasi kacau, tak terorganisir, murah dan mungkin menyebabkan user menyangsikan kepercayaan pada aplikasi tersebut.
Untuk konsistensi secara visual, pengembang software harus menyusun strategi bentuk sebelumnya dalam suatu program aplikasi. Desain tiap element, seperti control, standar ukuran dan kelompok kontrol, pemilihan jenis huruf (font) harus direncanakan terlebih dulu. Prototipe jalannya program sangat membantu memutuskan desain yang dipakai, konsistensi, sehinga pengembang tidak bingung.
Continue Reading »

Penekanan pada kontrol tertentu

Penekanan pada komponen visual tentang fungsi dari kontrol. Penekanan pada semua kontrol seperti tombol yang dibuat dengan warna menyala akan mengurangi keindahan sebuah desain antar muka. Tapi sebuah keharusan untuk memberikan penekanan tertentu pada suatu kontrol. Misalnya, efek tiga dimensi pada sebuah tombol menunjukkan penguna bahwa itu dapat ditekan. Jika tombol dibuat datar, maka terkesan tidak bisa diklik, tapi dalam aplikasi tertentu tepat jika kita menggunakan tombol datar, seperti dalam aplikasi yang berbasis multimedia.
Continue Reading »

Menyederhanakan Design

Mugkin yang paling penting dalam desain adalah kesederhaan desain. Jika antar muka sebuah aplikasi terihat susah, aplikasi itu juga mungkin akan sulit untuk digunakan. Point yang penting dalam kesederhanaan adalah mudah, enak dilihat dan bersih.
Jika sudah tersedia dalam bentuk form hard copy lebih baik kita meniru bentuk dedsain tersebut dalam desain antar muka kita. Tapi nantinya masih ada permasaahan lain, misalnya: bedanya dimensi antar form komputer dengan kertas, keterbatasan (panjang) form dalam konputer.
Continue Reading »

Warna Dan Gambar

Pengunaan warna dalam antar muka kita dapat menambah efect visual, tapi jangan berlebih dalam menggunakannya.  Dengan kemampuan VGA sekarang dapat menampilkan milyaran warna, dan tidak mungkin semuanya digunakan. Warna sama pentingnya dengan dasar desain, akan menimbulkan masalah jika tidak digunakan secara tepat.
Continue Reading »

Gambar Dan Icon

Penggunaan gambar dan icon dalam aplikasi menambah menarik secara visual, tapi berhati-hati dalam mendesain adalah hal yang utama. Gambar dapat menyampaikan informasi yang efisien tanpa harus menuliskan text, tapi beda orang menerjemahkan gambar bisa juga berbeda.
Toolbar dengan icon mengambar macam-macam fungsi yang digunakan sebagai media interaksi dengan pengguna, tapi user dapat membaca fungsi icon dengan melihat gambar icon. Ketika mendesain gunakan standar icon yang sudah biasa dipakai dalam aplikasi. Sebagai contoh orang akan mencetak dokumen mereka berarti dia akan memilih icon yang bergambar printer. Meskipun anda membuat icon yang lebih baik, fungsi dasar pada icon tersebut harus tetap disertakan agar tidak membingungkan pengguna.
Continue Reading »

Jenis Huruf

Karena text sering digunakan untuk komunikasi infomasi, pemilihan jenis huruf yang mudah dibaca dalam resolusi yang berbeda dan berbeda tipe tampilan adalah hal penting dalam mendesain antar muka. Jika memungkinkan gunakan font yang simpel. Pemilihan font yang bagus saat ditampilkan di layar belum belum tentu enak dibaca dalam pint out, apalagi jika fontnnya terlalu kecil.
Biasanya, font standar windows seperti Arial, Time New Roman, atau font yang disediakan oleh system. Jika pengembang software mengunakan font yang tidak terdapat pada syetem tempat dia menempatkan aplikasi maka system akan menganti dengan font lain.
Continue Reading »

Cara menentukan Design antar muka yang bagus

Suatu aplikasi harus dirumuskan dulu tujuan pembuatan aplikasi karena suatu progrm aplikasi bisanya digunakan untuk menyelesaikan masalah. Antar muka merupakan proses interaktif.
Yang paling bagus ketika kita akan mendesain sebuah aplikasi adalah melihat referensi aplikasi yang menjadi best-selling. Mereka malakukan reset, usaha, dan mengeluarkan sumber dana yang tidak sedikit untuk membuat aplikasinya berguna. Mereka banyak menggunkan perintah, tollbar, status bar, ToolTips, sentisitive menu, tab dialog box.
Continue Reading »

Senin, 21 November 2011

Panduan Antar muka berbasis windows

Yang menjadi keunggulan dari sistem operasi windows adalah sistem menyediakan perintah interface dalam bayak aplikasinya adalah sama. Pengguna dapat belajar dalam satu basis windows yang lainnya akan mudah untuk dipelajari, karena antar mukanya sama.
Menu adalah contoh yang bagus untuk menunjukkan perintar antar muka. Dalam aplikasi berbasis windows memiliki standar bahwa menu File terletak sebelah kiri dari menu bar dan menu help selalu paling kanan, dan menu opsional lainnya seperti Edit Toll diantaranya. Merubah hal yang sudah menjadi stanadar akan mengakibatkan user akan menjadi bingung dan akan menurunkan keunggulan aplikasi tersebut.
Continue Reading »

Navigasi

Hampir semua pengguna komputer sudah familiar dengan sistem menu sebagai navigasi. Pengunaan elemen menu antarmuka sangat penting. Pengembang biasanya menggunakan ,memu standar windows, karena user sudah terbiasa dan familiar menggunakan standar menu windows. Dengan penambahan skrip pada browser. Aplikasi berbasis web dapat memakai sistem menu window seperti sistem menu aplikasi pemrograman klasik.  Sebagai tambahan link form pada aplikasi klasik di dalam web berubah menjadi link antar file. Dan sekali lagi kesederhaan dan konsistensi dalam mendesain sebuah aplikasi adalah poin yang bagus dalm navigasi sistem.
Continue Reading »

Panduan untuk pengguna

Bagaimanapun bagusnya sebuah antar muka haus juga dipenuhi panduan untuk pengguna, karena pegguna wewaktu-waktu membutuhkan hal tersebut. Entuk bantuan adalah berupa file help atau file HTML yang desertakan dalam aplikasi dan siap diprint untuk dokumentasi. Bentuk bantuan harus di desain sebelum aplikasi dibuat deploy, seperti bagian lain dari program.
Continue Reading »
[Kaskus Radio ] Dengerin Music, Sambil Baca Blog